Mari pertama kali kita membahas tentang pasar.
Pasar dalam arti umum adalah proses jual beli dimana hal yang ditawarkan itu
bisa berupa barang ataupun jasa. Pasar berkembang menjadi lebih luas dikarenakan
meningkatnya kebutuhan konsumen dan pesaingan perusahaan.
Untuk meningkatkan atau memperluas penjualan
dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya saja dengan cara memiliki
bisnis waralaba atau yang biasa kita sebut Frenchise.
Frenchise itu sendiri memiliki tingkat
kesulitan untuk mengembangkan usahanya yang sama dengan jika kita membuka
bisnis sendiri. Karna saya memiliki seorang kakak yang bekerja menjadi trainee
di salah satu tempat menjual makanan, untuk franchisee atau orang yang ikut
bergabung membeli frienchise maka untuk membuat usahanya harus menjalankan
prosedure yang ada. Misalnya saja pembeli frienchise harus diwawancara dan
mengikuti training. Training yang dimaksud adalah penjual frienchise
mengajarkan prosedur penjualan, dari semua karyawan yang ikut bergabung sampai
tempat penjualan.
Disini saya akan memberikan salah satu contoh
frienchise yang terkenal di indonesia, salah satunya adalah Dunkin Donut. Saya
mengenal salah satu frenchise ini semenjak saya tau dan di ajak untuk memakan makanan yang
dikenal sebagai donat enak. Yummy..
Dahulunya Dunkin donuts tersebut hanya berupa
gerai donut yang menjual berbagai macam jenis donut beserta minumannya.
Kemudian setelah mengalami peningkatan penjualan serta peminat yang menyukai
donut tidaklah heran pemilik gerai donut berinisiatif untuk lebih mengembangkan
usahanya dengan cara membuka frenchise.
Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk
membuka usaha dengan cara frenchise tidaklah mudah, tentunya harus memiliki
persiapan yang matang, misalnya
-
Anda harus memiliki modal dan
menyiapkan dana investasi yang juga lumayan sangat besar.
-
Antara
franchisor (perusahaan pusat) dan frenchisee harus saling memiliki kesepakatan
agar hubungan kerjasama terwujud.
-
Jika sudah memiliki frenchisee
atau pembeli frenchise, anda harus benar-benar mengetahui siapa yang bergabung
dengan bisnis anda. Anda bisa melakukan
wawancara dengan calon pembeli frenchisenya.
-
Anda juga harus memperhitungkan
lokasi penjualan yang masuk kriteria bisnis anda. Mulai masalah apakah lokasi
tersebut strategis, terdapat banyak konsumen di daerah tersebut.
-
Jika anda sudah memilih dan
memberikan kepercayaan pada salah satu frenchisee, maka anda harus memberikan
prosedure bisnis anda, tidak hanya sampai disitu juga, anda harus memiliki karyawan
dimana anda harus memberikan pengajaran berupa bagaimana pelayanan pada saat
penjualan, bagaimana cara membuat donut dimana
rasa dan toping yang dibuat sama dengan karakteristik cita rasa utama
dunkin donuts.
Dari persiapan diatas, tentunya anda dapat
melihat kesuksesan yang dicapai oleh frenchise Dunkin' Donuts. Sekarang banyak
di setiap kota terdapat outlet-outlet Dunkin' Donuts. Outletnya pun tidak hanya
berada di setiap pusat perbelanjaan, tetapi Dunkin' Donuts sekarang juga memiliki
outlet diluar pusat perbelanjaan yang memiliki bangunan tersendiri. Dan dengan adanya
pembukaan outlet di berbagai tempat, Dunkin’ Donuts juga memiliki layanan pesan
antar. Ini adalah alasan mengapa Dunkin’ Donuts menjadi terkenal di berbagai
kalangan.