Selasa, 19 Oktober 2010

Analisis Situasi Pasar pada Frenchise


Mari pertama kali kita membahas tentang pasar. Pasar dalam arti umum adalah proses jual beli dimana hal yang ditawarkan itu bisa berupa barang ataupun jasa. Pasar berkembang menjadi lebih luas dikarenakan meningkatnya kebutuhan konsumen dan pesaingan perusahaan.
Untuk meningkatkan atau memperluas penjualan dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya saja dengan cara memiliki bisnis waralaba atau yang biasa kita sebut Frenchise.

Frenchise itu sendiri memiliki tingkat kesulitan untuk mengembangkan usahanya yang sama dengan jika kita membuka bisnis sendiri. Karna saya memiliki seorang kakak yang bekerja menjadi trainee di salah satu tempat menjual makanan, untuk franchisee atau orang yang ikut bergabung membeli frienchise maka untuk membuat usahanya harus menjalankan prosedure yang ada. Misalnya saja pembeli frienchise harus diwawancara dan mengikuti training. Training yang dimaksud adalah penjual frienchise mengajarkan prosedur penjualan, dari semua karyawan yang ikut bergabung sampai tempat penjualan.

Disini saya akan memberikan salah satu contoh frienchise yang terkenal di indonesia, salah satunya adalah Dunkin Donut. Saya mengenal salah satu frenchise ini semenjak saya tau dan di ajak untuk memakan makanan yang dikenal sebagai donat enak. Yummy..
 
Dahulunya Dunkin donuts tersebut hanya berupa gerai donut yang menjual berbagai macam jenis donut beserta minumannya. Kemudian setelah mengalami peningkatan penjualan serta peminat yang menyukai donut tidaklah heran pemilik gerai donut berinisiatif untuk lebih mengembangkan usahanya dengan cara membuka frenchise.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk membuka usaha dengan cara frenchise tidaklah mudah, tentunya harus memiliki persiapan yang matang, misalnya 

-        Anda harus memiliki modal dan menyiapkan dana investasi yang juga lumayan sangat besar.
-        Antara franchisor (perusahaan pusat) dan frenchisee harus saling memiliki kesepakatan agar hubungan kerjasama terwujud.
-        Jika sudah memiliki frenchisee atau pembeli frenchise, anda harus benar-benar mengetahui siapa yang bergabung dengan bisnis anda.  Anda bisa melakukan wawancara dengan calon pembeli frenchisenya.
-        Anda juga harus memperhitungkan lokasi penjualan yang masuk kriteria bisnis anda. Mulai masalah apakah lokasi tersebut strategis, terdapat banyak konsumen di daerah tersebut.
-        Jika anda sudah memilih dan memberikan kepercayaan pada salah satu frenchisee, maka anda harus memberikan prosedure bisnis anda, tidak hanya sampai disitu juga, anda harus memiliki karyawan dimana anda harus memberikan pengajaran berupa bagaimana pelayanan pada saat penjualan, bagaimana cara membuat donut dimana  rasa dan toping yang dibuat sama dengan karakteristik cita rasa utama dunkin donuts.

 Dari persiapan diatas, tentunya anda dapat melihat kesuksesan yang dicapai oleh frenchise Dunkin' Donuts. Sekarang banyak di setiap kota terdapat outlet-outlet Dunkin' Donuts. Outletnya pun tidak hanya berada di setiap pusat perbelanjaan, tetapi Dunkin' Donuts sekarang juga memiliki outlet diluar pusat perbelanjaan yang memiliki bangunan tersendiri. Dan dengan adanya pembukaan outlet di berbagai tempat, Dunkin’ Donuts juga memiliki layanan pesan antar. Ini adalah alasan mengapa Dunkin’ Donuts menjadi terkenal di berbagai kalangan.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management